KA Sembrani retrofit


3 Juli 2010


     Di waktu sore itu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Stasiun Surabaya Pasar Turi, dikarenakan berdasarkan info dari rekan-rekan railfans Jakarta bahwa KA Sembrani retrofit telah jalan dan benar saja, di stasiun terdapat rangkaian retrofit KA Sembrani sedang stabling di jalur 6. Ya, KA ini merupakan hasil retrofit dari balai yasa Manggarai yang sebelumnya telah selesai melakukan retrofit KA Sembrani yang lainnya. KA ini terlihat elegan dengan balutan striping khas argo dan begitu pula bagian interior kereta yang dominan berwarna biru. KA ini sebetulnya sedang dalam rangka proses uji coba kepada para penumpangnya, sekaligus melihat repon dari pengguna KA Sembrani itu sendiri. 

Interior KA Sembrani new image
(Dok : Pribadi)
Kursi dengan leg-rest
(Dok : Pribadi)

Interior KA Sembrani new image
(Dok : Pribadi)

     Karena sering kali para penumpang mengeluh akan kondisi kereta api kelas eksekutif Sembrani tidak sesuai dengan harga yang dibeli. Bagiakan membeli kucing dalam karung tepatnya. Well, terlepas dari itu semua, kita cukup mengapresiasi hasil karya BY Manggarai karena mampu memberikan inovasi terhadap tantangan yang ada. Selama mengunjungi di stasiun, terlihat pula rangkaian KA Gumarang dengan tujuan akhir Jakarta sedang bersiap-siap untuk berangkat di jalaur 2 SBI. 


KA Gumarang tujuan Jakarta bersiap di jalur 2
(Dok : Pribadi)

KA Sembrani tampak luar
(Dok : Pribadi)

     Sekilas mengenai KA Sembrani, kereta api ini diluncurkan pertama kali pada 1 Oktober 1995 dan merupakan produk inovasi dan rebranding KA Mutiara Utara yang melayani perjalanan dari Surabaya hingga Jakarta Kota via Semarang begitu pula sebaliknya. Perjalanan memakan waktu sekitar 10 jam 40 menit. Nama Sembrani diambil dari kisah pewayangan yakni merupakan seekor kuda bersayap yang cantik, gagah, berani dan mampu terbang di udara. Kuda ini merupakan tunggangan dari Batara Wisnu, yang konon katanya akan tiba lebih cepat bila bepergian dengan kuda tersebut. 

     Sejak September 2008 silam, 1 set rangkaian KA sembrani telah diretrofit oleh BY Manggarai Jakarta sebagai bentuk jawaban atas keluhan dari penumpang yang menganggap kondisi dan fasilitas yang tidak layak disebut sebagai KA eksekutif. Perubahan yang paling menonjol ialah tampak pada jendela yang beukuran 1/3 lebih kecil dari ragkaian KA umumnya. Interiornya dominan berwarna coklat dan juga pada bagian bagasi memiliki penutup layaknya kabin pesawat udara. Fasilitas lainnya yakni berupa tambahan 4 LCD TV yang mampu memanjakan para penumpangnya saat perjalanan. Dan pada tahun 2010 1 set yang lainnya telah selesai diperbaiki dengan desain yang serupa namun memiliki dominan warna biru.

No comments

copyright dikamedia | 2016. Theme images by diane555. Powered by Blogger.